Parental Control untuk Internet Aman dan Ramah Anak

Advertisement

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi memang telah mengubah kehidupan manusia. Kehadirannya mampu mengubah cara berperilaku, berkomunikasi, sosialisasi dengan lingkungan, hingga gaya hidup pribadi manusia modern. Di satu sisi, perkembangan dunia digital dan informasi ini memang membawa dampak positif. Namun, di sisi lain, kita pun tidak mampu mengelak dari dampak-dampak negatif yang dibawanya.

Dalam kondisi seperti ini, anak-anak yang tengah mengalami pertumbuhan dan perkembangan—fisik, emosi, dan intelektual—tentu menjadi sasaran paling empuk. Karenanya, menjadi orang tua dari anak-anak yang hidup di era milenial memang membutuhkan kecakapan, kesabaran, kearifan diri, sekaligus tindakan preventif yang edukatif dan produktif.

Nah, di sinilah para orang tua perlu memiliki kesiapan dalam proses mengenalkan dan mengawasi anak saat belajar dan bermain gawai. Tentunya, kesiapan di sini bukan hanya sebatas pemberian larangan atau sejenisnya, melainkan lebih pada pemahaman orang tua terhadap dunia ini sehingga mereka mampu melindungi dan mengarahkan secara tepat dan bijak.

Bagi anak, internet bisa dijadikan sebagai tempat untuk mendapatkan segala informasi dan ilmu. Namun demikian, tentu saja anak tidak bisa dibiarkan begitu saja mengakses internet tanpa adanya pengawasan dari orang tua. Mengingat informasi-informasi yang disediakan di internet sangat beragam dan bahkan ada beberapa di antaranya yang tidak cocok untuk perkembangan psikologis mereka.

Berbeda halnya dengan orang dewasa, yang sudah mampu membedakan dan membentengi dirinya dari efek-efek negatif internet. Bahkan, bagi orang dewasa, internet telah menjadi bagian penting dalam kehidupannya lantaran semua urusan menjadi lebih mudah dengan adanya internet. Termasuk dalam urusan pembelian pulsa, paket internet, maupun transfer pulsa Telkomsel.

Ya, di era yang serba internet ini, Anda bahkan bisa melakukan pembelian pulsa dan transfer pulsa Telkomsel dengan sangat mudah melalui ponsel pintar. Jadi, Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk mendatangi gerai atau konter terdekat. Anda hanya cukup mengunjungi situs-situs penjualan yang tepercaya, seperti Traveloka, dan melakukan transaksi online dengan sangat mudahnya.  Kini, di situs ini, Anda tidak hanya bisa melakukan transaksi pembelian, melainkan juga bisa mendapatkan info transfer pulsa telkomsel di Traveloka.

Baca Juga:  Harga HP Lenovo K80M, Andalkan Ram 4GB Dan Intel Atom Terbaru

Nah, untuk memberikan keamanan ketika anak berinternet, berikut beberapa piranti tambahan yang bisa digunakan oleh para orang tua, agar anak bisa dengan aman menggunakan komputer/gawai.

K9 WEB Protection

K9 WEB Protection – K9 WEB Protection

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melindungi anak-anak dari situs-situs negatif adalah dengan meningkatkan pengamanan, baik pada komputer/gawai maupun pada web browser. Salah satu software yang direkomendasikan adalah K9 WEB Protection. Software ini akan melindungi koneksi internet dari situs yang berbahaya bagi anak-anak maupun bagi sistem komputer Anda. Software ini akan secara otomatis memberikan peringatan ketika anak mengakses suatu situs yang dianggap tidak aman.

Software ini bisa Anda dapatkan secara gratis di situs resminya. Pilih ‘Download K9 today for free’, hingga muncul tampilan form yang harus Anda isi. Masukkan nama dan alamat email aktif, karena nantinya kode aktivasi akan dikirim melalui email yang Anda daftarkan. Setelah mengisi form, klik ‘Request License’, dan kemudian tautan beserta kode lisensi akan dikirim ke alamat email Anda. Selanjutnya, Anda bisa mengunduh aplikasi melalui tautan tersebut.

Setelah Anda mengunduh file installer K9 Web Protection, langkah selanjutnya adalah menginstalnya. Dalam proses penginstalan ini, Anda akan diminta untuk mengisi kode lisensi yang telah Anda dapatkan sebelumnya beserta tautan unduhan file K9 Web Protection. Kemudian, Anda juga akan diminta untuk mengisi password yang akan digunakan untuk masuk ke program K9 Web Protection.

Baca Juga:  Aplus Gen5, HP Full Metal Body Cuma 900 Ribuan Spek Menawan

Setelah software terpasang, Anda telah bisa mengatur aktivitas internet untuk anak-anak. Terdapat beberapa kategori yang bisa Anda atur, di antaranya adalah Web Categories to Block (web-web yang diblokir), Time Restriction (pengaturan waktu untuk mengakses internet), Web Exceptions (alamat URL untuk selalu diakses), Blocking Effects dan lain sebagainya.

Keuntungan lain dari software ini adalah Anda bisa melihat aktivitas internet yang telah diakses oleh putra-putri Anda. Dengan begitu, selain Anda bisa melakukan tindakan preventif, Anda pun bisa melakukan kontrol terhadap aktivitas berinternet anak.

Browser Anak Kidzui

Kidzui – Google Apps

Selain menginstal software yang bertujuan untuk memblokir situs-situs berbahaya, akan lebih baik jika Anda juga menyediakan browser khusus yang mudah dan aman bagi anak-anak. Browser khusus anak ini biasanya didesain dengan warna, layout, dan kata-kata yang khas dunia anak. Dengan demikian, diharapkan anak-anak akan merasa senang saat menggunakan internet.

Salah satu browser khusus anak yang bisa Anda gunakan adalah browser Kidzui. Browser ini bisa Anda unduh langsung dari situs resminya yaitu www.kidzui.com. Kemudian, setelah proses pengunduhan selesai, Anda bisa langsung melakukan proses instalasi browser ini.

Advertisement

Nah, itulah beberapa piranti pelengkap komputer/gawai yang bisa Anda gunakan demi mewujudkan internet yang aman dan sehat bagi anak. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel ini:
Loading...
Tags:
Posting pada Handphone