Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Advertisement

Smartphone adalah salah satu media penyimpanan file yang bisa kita manfaatkan. Terlebih jika smartphone kita memiliki penyimpanan memori yang cukup besar dimana sebagian besar smartphone saat ini menawarkan kapasitas memori internal yang besar. Menyimpan banyak file berupa foto dan video adalah suatu hal yang lazim bagi para pengguna smartphone.

Namun, tidak menjamin jika file tersebut sewaktu-waktu bisa saja terhapus karena diakibatkan oleh virus. Selain virus hal yang biasanya terjadi adalah kita tidak senagaja menghapus foto atau video yang penting. Parahnya lagi, kita pasti kebingungan untuk mencari cara mengembalikan file foto / video yang penting tersebut.

Namun, anda harus tetap tenang…karena masih ada harapan untuk mengembalikan file foto atau video berharga kamu yang terhapus. Berikut kami bagikan tips mengenai cara mengembalikan file yang terhapus di Android secara permanen, silahkan simak berikut ini.

Cara Mengembalikan file yang terhapus di Android dengan Mudah

Ada 3 metode yang bisa anda coba untuk mengembalikan file yang tidak sengaja anda hapus terutama foto dan video, yang terhapus permanen di Android kamu. Simak dan ikuti langkah-langkah di tiap metodenya.

Gunakan Recuva File Recovery

RECUVA FILE RECOVERY

  • Jalankan aplikasi ini, lalu sambungkan hp Android anda dengan komputer menggunakan kabel USB.

  • Sekarang anda dapat memilih jenis file apa yang hendak anda kembalikan ke Android. Jika bingung, anda bisa memilih “All Files” untuk mengembalikan semua jenis file.
Baca Juga:  Harga Lenovo Vibe K5 Note Terbaru dan Spesifikasi 2017

  • Selanjutnya, pilih lokasi terakhir file sebelum hilang atau terhapus. Setelah menentukan lokasinya, klik “OK” untuk memulai proses pencarian.

  • Aplikasi sedang melakukan scanning dan mencari file kamu yang hilang atau terhapus. Tunggu hingga proses komplit, maka file kamu yang hilang bisa kamu ambil kembali

Gunakan Wondershare Dr.Fone

Wondershare Dr.Fone

  1. Pertama, instal Wondershare Dr.Fone di komputer kamu. Lalu sambungkan perangkat Android kamu pada komputer menggunakan kabel USB.

  • Kamu perlu mengaktifkan mode “USB debugging” di smartphone Android kamu.

  • Di tahap ini, smartphone Android kamu sudah terhubung dengan aplikasi. Kamu tinggal memilih file jenis apa yang ingin kamu kembalikan.

  • Setelah memilih, aplikasi akan otomatis melakukan scanning dan memunculkan kembali file-file yang hilang. Klik “Recover” ketika sudah menentukan file mana saja yang ingin dikembalikan.

Gunakan MobiKin Doctor

MobiKin Doctor

  • Instal MobiKin Doctor di perangkat komputer kamu terlebih dulu.
  • Sambungkan Android pada komputer, sekaligus mengaktifkan mode “USB debugging” pada smartphone. Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.
    Selanjutnya, kamu bebas memilih file apa yang ingin kamu kembalikan. Sebagai contoh pada gambar di bawah ini, Jaka memilih “Photos” untuk mengembalikan beberapa foto yang pernah terhapus. Lalu klik “Recover”.
Advertisement

 

Baca Juga Artikel ini:
Loading...
Tags:
Posting pada Uncategorized