Cara Menghidupkan HP Xiaomi yang Mati Total

Advertisement

Ponselora.com | Pada artikel kali ini kami akan membagikan tips mengenai cara menghidupkan hp Xiaomi yang mati total. Smartphone yang diproduksi oleh Xiaomi memang cukup sukses penjualannya di tanah air, ini dikarenakan hampir semua hp yang diluncurkannnya dibanderol dengan harga yang relatif murah dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Berbeda halnya dengan smartphone vendor lainnya yang harganya cukup tinggi. Penjualannya bahkan menyaingi vendor smartphone raksasa yang telah lama hadir di tanah air.

Di Indonesia penjualan Xiaomi cukup bagus, namun dibarengi dengan kerusakan yang cukup tinggi pula. Salah satu masalah yang kerap menghantui pengguna HP Xiaomi adalah keadaan hp mati total. Bagaimana cara menghidupkan hp Xiaomi yang mati total? simak ulasan berikut ini.

Cara Menghidupkan HP Xiaomi yang Mati Total

Cara Menghidupkan HP Xiaomi yang Mati Total

1. Kerusakan pada Baterai

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika menemukan HP Xiaomi mati total adalah dengan memeriksa bagian baterainya. Ada tipe hp yang baterainya bisa langsung dilepas adapula yang menggunakan baterai tanam sehingga cukup rumit untuk dibuka.

Apakah baterainya harus segera diganti? sebenarnya jika kita memiliki multi tester, kita dapat mengecek apakah baterai yang digunakan masih bagus atau sudah jelek.

2. Saklar yang rusak

Xiaomi Mati Total

Hal berikutnya adalah memeriksa bagian saklar. Cara yang paling akurat untuk memeriksanya adalah menggunakan multitester. coba tekan saklarnya, apakah ada reaksi mekanik, seakan ada bunyi saklar ditekan. Jika ada, 90 persen saklar bagus. Kalau tidak ada bunyi, silahkan ganti saklarnya.

3. Kerusakan pada Charger

Charger juga bisa menjadi masalah yang menyebabkan hp xiaomi mati total, jika dirasa sudah rusak coba ganti chargernya. Kerusakan umum lainnya yang terjadi pada xiaomi yang mati total adalah rusaknya konektor charger. Perhatikan dengan seksama apakah ada yang tidak normal? Rusaknya konektor ini, acap kali menyebabkan hp xiaomi anda tidak bisa dicharge.

4. Kerusakan pada IC Power/CPU

Kerusakan yang menyebabkan hp xiaomi mati total yang sering juga karena adanya kerusakan pada komponen ataupun IC. Untuk itu, mari kita buka cuplikan skema berikut.

Ini adalah cuplikan skema Xiaomi Mi4 LTE. Ada dua buah chip IC yang biasanya menjadi penyebab terjadinya kerusakan mati total. Yang U600 adalah IC power, sedangkan yang U800 adalah IC CPU. Proses penggantiannya cukup rumit dan memerlukan banyak alat.

5. Kerusakan terjadi pada IC eMMC

Nah, IC yang sering menjadi penyebab seringnya hp Xiaomi rusak adalah IC U802 ini dikenal dengan IC eMMC.

Seringkali kerusakan Xiaomi yang mengalami mati total, penggunaan arusnya nol alias tidak ada arus listrik. Jika hal tersebut yang terjadi, maka kita dapat mengambil kesimpulan IC Power tidak bekerja. Namun, ini bukan berarti IC Power harus langsung diganti dengan yang baru. Kita harus memastikan terlebih dahulu input dari IC power, yaitu tegangan dari baterai. Lihat cuplikan skema IC Power di bawah ini.

Advertisement

Pada area yang diberi lingkaran merah gambar di atas, kita bisa melihat bahwa di pin no 214, 222, 223 terhubung ke jalur VBATT. Dengan kata lain, kaki-kaki dari IC Power ini harus terhubung ke tegangan baterai positif. Jika tegangan ini tidak sampai, maka IC power tidak akan bekerja. Jika tegangan baterai positif serta jalur saklar tidak bermasalah, baru kita boleh mengambil langkah mengganti IC Power U600 ini.

Baca Juga Artikel ini:
Loading...
Tags:
Posting pada Tips